SINOPSIS ROMEO DAN JULIET


Di suatu daerah yang bernama Verona terdapat dua keluarga kaya, keluarga Capulet dan Montague. Keduanya sejak lama bermusuhan sehingga keluarga mereka tidak boleh sering bertemu. Jika bertemu akan terjadi perselisihan yang bisa menyebabkan pertumpahan darah. Pada suatu pagi yang panas terjadi perkelahian antara pelayan Capulet dan Montague yang mengganggu ketenangan kota Verona. Raja harus menyelesaikan perselisihan Tuan Capulet dan Montague, Raja Escalus akan memberikan hukuman mati kepada orang pertama yang merusak perdamaian tersebut.
Suatu ketika keluarga Capulet mengadakan pesta untuk memperkenalkan anaknya kepada Paris yang akan menjadi suami putrinya Juliet. Para gadis dan bangsawan diundang kecuali keluarga Montague.
Romeo bersama Bonvolio, dan Mercutio pergi ke pesta yang diadakan oleh keluarga Capulet dengan menggunakan topeng. Tuan Capulet menyambut kedatangan mereka dan mempersilahkan mereka untuk berdansa dengan para gadis yang telah datang. Namun, ketika dia memuji pasangan dansanya, salah satu anggota keluarga Capulet mendengar suaranya. Ia adalah Tybalt, keponakan tuan Capulet. Dia tidak dapat menerima kehadiran anggota keluarga Montague. Dia pun melaporkan hal tersebut kepada tuan Capulet agar dia bisa diizinkan untuk menghampiri dan membunuh Romeo, namun Tuan Capulet menolak keinginannya.
Setelah berdansa, Romeo mencari gadis yang berdansa dengannya. Mereka pun bercakap-cakap dan mereka akhirnya bersahabat. Tiba-tiba si gadis di panggil oleh ibunya. Ketika si gadis pergi Romeo menanyakan nama gadis tersebut kepada pelayan dan si pelayan memberitahunya bahwa dia adalah anak dari istri tuan rumah. Juliet juga menyuruh pelayannya untuk menyakan nama pria pasangan dansanya, tidak lama kemudian pelayan tersebut kembali dan memberitahu bahwa namanya adalah Romeo dan dia seorang Montague.
Romeo dan Juliet tidak bisa menyembunyikan perasaan cintanya. Mereka telah jatuh cinta walaupun itu sangatlah berbahaya. Akhirnya Romeo dan kedua sahabatnya pulang dari pesta namun Romeo memutuskan untuk kembali ke rumah Juliet dan merenungi perasaannya yang tiba-tiba jatuh cinta.
Juliet yang bergumam sendiri tentang perasaannya kepada Romeo. Dia tidak sadar bahwa Romeo mendengarnya, dia berusaha menahan untuk tidak menjawab namun akhirnya dia tidak tahan kemudian ia menjawab gumaman Juliet. Setelah Juliet mengenali suara Romeo, ia memutuskan untuk  memanjat pagar kebun apel untuk menemui Juliet. Juliet tidak ingin berpura-pura di hadapan Romeo tentang perasaannya. Juliet mengakui mencintai Romeo dan berharap menjadi kekasihnya. Juliet telah memberikan cintanya  kepada Romeo sebelum ia memintanya. Juliet mengungkapkan bahwa cintanya begitu dalam terhadap Romeo. Tidak lama kemudian pelayannya datang, sebelum ke kamar dia memberitahukan bahwa besok ia akan mengirim utusan besok hari untuk menanyakan kapan Romeo akan menikahinya dan ia akan mengikuti kemanapun Romeo pergi.
Keesokan paginya Romeo masih belum bisa memejamkan matanya dan pikirannya dipenuhi bayangan Juliet. Kemudian, Romeo menuju ke geraja St.Peter untuk bertemu dengan pendeta Lawrence. Dia melihat kalau Romeo datang terlalu pagi cepat untuk menjalankan kebaktian agamanya. Romeo menceritakan perasaannya cintanya terhadap Juliet yang merupakan keluarga Capulet. Dia sangat terkejut mendengar cinta mereka yang begitu cepat. Romeo pun meminta agar dia menjadi penghulu karena mereka akan menikah hari itu juga. Akhirnya pendeta Lawrence setuju, dia berpikir bahwa pernikahan tersebut akan mendamaikan keluarga Capulet dan Montague, dia adalah sahabat dari kedua keluarga tersebut.
Romeo bertemu dengan pembawa pesan Juliet dan ia memberitahukan bahwa jika Juliet ingin menikah ia memintanya untuk segera menyusulnya ke gereja, di mana keduanya akan dinikahkan oleh pendeta Lawrence. Akhirnya Juliet menyusul setelah mendengar pesan dari pelayannya dengan hati yang gembira. Mereka dinikahkan oleh pendeta Lawrence, setelah menikah Juliet kembali ke rumahnya dan mereka berjanji untuk bertemu di malam hari di kebun apel.
Pada sore hari yang sama, Benvolio dan Mercutio bertemu dengan Tybalt yang masih menyimpan dendam terhadap Romeo. Mercutio dan Tybalt telah ingin berkelahi walaupun Benvolio berusaha menengahi mereka. Namun, saat itu Romeo datang dan ia menjelaskan kepada Tybalt alasan mereka menghadiri pesta keluarga Capulet. Namun, Tybalt tidak ingin menerima alasan tersebut dan tetap ingin membunuh Romeo. Mercutio yang marah mengajak Tybalt untuk berkelahi namun Mercutio tewas karena dikalahkan oleh Tybalt. Romeo yang marah melihat sahabatnya tewas menantang Tybalt untuk berkelahi, merekapun berkelahi dan Tybalt akhirnya juga tewas. Masyarakat kota Verona termasuk keluarga Capulet dan Montague pun ikut berkerumun. Tak lama kemudia Raja yang mendengar perkelahian tersebut datang dan meminta Benvolio menceritakan kejadiannya dari awal. Akhirnya Raja menghukum Romeo dengan mengusirnya dari kota.
Juliet yang mengetahui kabar tersebut pada awalnya marah terhadap Romeo karena telah membunuh sepupunya namun pada sisi lain dia sangat mencitai Romeo yang telah menjadi suaminya. Ia menangisi suaminya yang harus di usir dari kota Verona.
Romeo berlindung di rumah Lawrence. Ia pun menceritakan tentang hukuman yang harus dijalaninya. Ia merasa hukumannya sangat berat dan ia tidak melihat ada kehidupan diluar kota Verona. Sang pendeta menasehati Romeo namun ia tidak ingin mendengar apapun. Tak lama kemudia datanglah surat dari Juliet yang diantarkan oleh pelayannya. Surat dari juliet itu memberi harapan baginya. Ketika Romeo sedikit tenang, pendeta Lawrence kembali menasehatinya agar menemui Juliet setelah itu segera menuju Mantua, tempat mereka bisa tinggal, hingga tiba waktunya bagi pendeta mengumumkan pernikahan mereka.
Di rumah Capulet terjadi pertemuan antara tuan Capulet dan istrinya bersama Paris untuk membahas rencana pernikahan Juliet dan Capulet. Sedangkan di kamar Juliet bersama Romeo yang mendapat izin masuk melalui kebun apel. Pada malam itu kebahagian dan kesedihan telah bercampur, namun kesedihan kedua pasangan kekasih tersebut lebih mendominasi. Sebelum berpisah dengan Juliet, ia berjanji akan mengirim surat dari Mantua setiap hari.
Tidak lama kemudian, tuan Capulet memberitahu Juliet bahwa ia telah dijodohkan denga Paris. Juliet menolak keinginan ayahnya. Namun, ayahnya tetap ingin Juliet menikah dengan Paris pada hari kamis yang akan datang.
Juliet pergi menemui pendeta Lawrence dan meminta nasihat. Pendeta Lawrence menawarkan sebuah rencana. Ia meminta Juliet menerima permintaan ayahnya. Setelah itu ia akan memberikan ramuan yang dapat membuatnya tidur selama dua malam. Juliet setuju dengan rencana tersebut karena tidak ingin mengkhianati Romeo.
Pada malam sebelum menikah Juliet meminum ramuan dari pendeta Lawrence. Ketika Paris datang menjemput Juliet di pagi harinya ia terkejut melihat Juliet telah kaku. Juliet kemudia dibaringkan di dalam peti dan di bawa ke gereja.
Pembawa pesan kematian Juliet lebih cepat daripada pembawa pesan utusan pendeta. Mengetahu kematian istrinya, Romeo segera pergi ke kota Verona, namun sebelum ke sana dia mampir membeli racun. Romeo tiba di Verona, ketika menuju peti ia bertemu dengan Paris yang datang untuk menebarkan karangan bunga untuk Juliet. Paris dan Romeo terlibat perkelahian dan ia akhirnya tewas di tangan Romeo. Dia menghampiri peti mati kekasihnya, mencium bibirnya, dan akhirnya meminum racun.
Pendeta Lawrence yang datang untuk membangunkan Juliet dan mengetahui bahwa suratnya tidak sampai ke Romeo. Ia kaget melihat ada darah dan pedang di dekat peti mati Juliet, Romeo dan Paris juga terbaring. Juliet bangun dan melihat sang pendeta. Juliet kaget melihat Romeo ada di dekatnya. Mendengar suara yang ribut di luar pendeta meminta segera keluar dari peti, dan sang pendeta segera pergi. Juliet menduga Romeo meminum racun karena melihat tangan Romeo menggenggam secangkir gelas. Juliet mencium Romeo, ia berharap masih ada racun di bibir Romeo. Akhirnya Juliet menusuk dirinya menggunakan pisau meninggal di sisi kekasihnya.
Mereka yang berkerumun terkejut melihat Paris, Romeo, dan Juliet mati berdekatan, hingga akhirnya datang keluarga Capulet dan Montague, juga sang Raja.
Pendeta Lawrence yang telah ditangkap menceritakan kejadian sesungguhnya tentang kisah Romeo dan Juliet. Sang pendeta menikahkan mereka karena ingin melihat keluarga Capulet dan Montague berdamai. Namun, ia tidak tahu kisah selanjutnya, ia hanya mendapati Romeo dan Paris mati saat ingin membangunkan Juliet.
Sang raja meminta Montague dan Capulet merenungkan apa yang telah menimpa anak mereka. Kedua keluarga tersebut sepakat untuk berdamai. Capulet mengulurkan tangannya kepada Montague dan memanggilnya saudara. Montague tidak hanya menerima jabat tangan dari Capulet tetapi juga berjanji akan membuat patung Juliet dari Emas agar masyarakat Verona mengenangnya, begitupun Capulet bejanji membuat patung Romeo. Kematian Romeo dan Juliet mengakhiri perselisihan keluarga Capulet dan Montague.

0 komentar:

Posting Komentar