Manusia di zaman modern kebanyakan pernah mengalami stress dan rasa kurang percaya diri. Ada berbagai penyebab hal tersebut seperti karena seringkali mengalami kegagalan, mendapatkan musibah, ataupun karena diremehkan oleh orang-orang di sekitarnya. Hal tersebut berdampak pada mindset pikirannya sehingga ia memandang bahwa kesuksesan telah jauh dalam jangkauannya. Berbagai metode diciptakan untuk mengurangi atau menyembuhkan rasa frustasi yang berlebihan seperti berkonsultasi dengan psikilog dan menghadiri seminar-seminar motivasi, serta salah caranya adalah membaca buku-buku motivasi atau pengembangan diri agar kepercayaan diri yang telah runtuh agar dapat bangkit kembali untuk meraih kesuksesan dalam kehidupan. Menurut saya buku Life Will Never Be The Same adalah salah satu buku terbaik untuk mengembalikan kepercayaan diri atau memotivasi manusia untuk selalu berkembang demi mencapai sukses yang diinginkan oleh setiap orang. Maka saya meringkas buku ini agar kalian mendapat gambaran sedikit tentang buku Life Will Never Be The Same.
Buku yang ditulis oleh Davit Setiawan berisi motivasi untuk para pembacanya. Pada intinya membahas tentang bagaimana manusia seharusnya berubah sesuai dengan perubahan zaman atau dia akan dipaksa berubah oleh arus perkembangan zaman yang semakin maju dan modern. Ada berbagai penyebab manusia sulit berubah seperti manusia sangat susah keluar dari zona nyaman (comfort zone) .
Dalam hidup, perubahan tidak dapat kita hindari karena suka atau tidak perubahan merupakan salah satu hukum dalam kehidupan dan pasti akan terjadi. Tanpa perubahan, kehidupan mungkin saat ini tidak jauh berbeda dengan zaman purba. Tanpa perubahan hidup akan sangat monoton dan suatu saat akan kesulitan menghadapi masa depan. Banyak perusahaan yang mengalami kebangkrutan karena menolak perubahan seperti Nokia dan Kodak.
Pada kenyataannya manusia memang sangat sulit untuk berubah, termasuk berubah untuk menjadi lebih baik. Padahal jika manusia ingin sukses maka mereka seharusnya  sadar, mau, dan berani melakukan perubahan dalam diri mereka bahkan ketika perubahan itu belum tiba. Setiap saat mereka selalu meng-upgrade level kehidupan. Perubahan dapat berupa inovasi, upgrade skill, membaca buku-buku pengembangan diri, mengikuti seminar, dan lain-lain. Sesungguhnya, suatu proses selalu menghasilkan suatu hasil, baik itu hasil yang matang maupun karbitan.
Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih belajar, akan menjadi pemilik masa depan. Semua orang mempunyai masa lalu, namun tidak semua orang mempunyai masa depan. Tidak jarang orang mencari masa depan mereka di masa lalu, ingatlah bahwa tidak ada ada masa depan di masa lalu. Maka yang harusnya yang kita lakukan adalah mengambil pembelajaran berharga yang terjdi di masa lalu. Perubahan menjanjikan kesempatan dan kekuatan baru. Jangan menolak perubahan hanya karena anda takut kehilangan yang telah dimiliki karena dengannya anda merendahkan nilai yang bisa anda capai melalui perubahan.
Hari untuk berubah itu tidak akan datang kecuali anda yang melakukan perubahan dalam hidup saat ini. Banyak orang menganggap bahwa dengan tetap berada pada zona nyaman, mereka sudah mengambil langkah aman. Namun, anggapan ini salah karena sebenarnya mereka telah membenamkan potensi terbaik yang ada dalam dirinya untuk bergerak maju. Jika kita menginginkan suatu pencapaian yang lebih dalam hidup kita, pasti ada harus yang dikorbankan dan salah satunya adalah kenyamanan yang kita sering dirasakan. Kita harus berani melakukan sesuatu yang baru jika ingin berkembang menjadi lebih baik. Jika anda tidak mendorong diri anda untuk bergerak maju, maka kehidupan ini akan memaksa anda untuk bergerak. No body can go back and start new beginning but anyone can start today and make a new ending. Segala sesuatu yang dianggap “terlambat” bukanlah suatu alasan untuk mundur dan menyudahi impian. Ingin memiliki keidupan seperti apa di masa depan merupakan pilihan anda.
Rutinitas kita disadari atau tidak sangat mungkin membenamkan kemampuan kita untuk tumbuh. Kebanyakan orang berfokus pada sesuatu yang salah sekalipun mereka sadar itu salah. Anda tidak akan tumbuh selama anda tidak mengubah fokus anda. Maka saat ini juga, ubahlah fokus anda pada sesuatu yang menjadikan anda hebat. Fokus yang tepat akan melipat gandakan kekuatan anda untuk berhasil. Fokus kelak akan berubah menjadi suatu kebiasaan. Beberapa manfaat jika manusia mempunya fokus, adalah sebagai berikut ;
1.      Membuat tujuan semakin jelas
2.      Mampu meruntuhkan hal-hal yang seakan mencoba menghardik kita untuk mengalihkan fokus kita
3.      Menjadikan pencapaian seseorang berbeda dengan yang lain
Kegagalan adalah bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan. Kegagalan merupakan sebuah kata yang tidak enak di dengar dan tidak semua orang di dunia menginginkan hal itu Kegagalan masa lalu dapat menyebabkan kita tidak mampu mengeluarkan potensi terbaik. Berhenti mengurung diri dalam keterpurukkan masa lalu sehingga masa depan yang cemerlang bisa dicapai tanpa ada rasa takut dari masa lalu. Segala sesuatu yang pernah terjadi dalam hidup anda memang bagian dari hidup anda yang bukan untuk anda sesali. Sehingga. untuk menjadi orang sukses jangan pernah melihat bahwa keadaan buruk atau kegagalan merupakan suatu final, kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Selain itu, kesulitan mengajarkan banyak ilmu kehidupan yang kita tidak pernah dapatkan di pendidikan formal. Jalanilah kehidupan dengan menatap kesulitan dan rintangan secara positif.
Tidak ada kesuksesan sejati tanpa penolakan. Semakin banyak penolakan yang dialami, anda akan semakin banyak belajar dan semakin dekat dengan harapan anda. Penolakan bukanlah suatu kegagalan, tetapi penolakan adalah suatu pengalaman yang bisa membuat kita lebih baik lagi. Jika kita diperhadapkan dengan kegagalan itu berarti kita harus berusaha lebih keras lagi. Kita belajar bahwa orang-orang sukses tidak pernah sukses tanpa kegagalan.  Bangkit dari kegagalan adalah suatu keharusan jika kita ingin tetap maju karena tidak ada kesuksesan tanpa kegagalan.
Orang-orang sukses selalu belajar dari pengalaman yang mereka lalui. Guru terbaik adalah pengalaman dan kegagalan terburuk itu. Kesulitan hidup bukanlah bencana besar dan momok yang sangat menyeramkan. Selalu ada alasan mengapa kita ditempatkan dikondisi-kondisi tertentu. Karena kita sedang di persiapkan untuk menjadi seseorang lebih bernilai. Sambutlah setiap kesulitan dengan jiwa besar, sehingga jika suatu saat nanti anda telah tiba dipuncak kesuksesan, maka anda pasti akan berterima kasih kepada setiap kesulitan yang pernah anda alami karena anda telah menjadi kuat oleh kesulitan-kesulitan itu.
Tidak ada satu orang pun yang bisa memilih untuk lahir dalam keluarga kaya dan rupawan atau pun lahir dalam kondisi cacat, menderita, dan miskin. Semua keterbatasan tidak menghalangi namun harus membuat kita bekerja lebih keras lagi. Semua orang sukses adalah mereka yang telah melewati pedihnya diremehkan, sakitnya keterpurukan, dan dalamnya luka penderitaan. Kehidupan memang dipenuhi oleh badai-badai penghambat, bahkan akan ada masa di mana setiap orang akan “saling mangsa”. Maka untuk bertahan dan tetap tumbuh dan berkembang, anda harus jadi mangsa yang tangguh yang tidak dapat untuk ditaklukkan oleh siapapun.
Orang sukses adalah orang yang memiliki goals (tujuan) dalam hidupnya. Goals inilah yang membuat akselerasi mereka semakin cepat, terarah, dan mendorong mereka untuk bergerak maju. Goals akan memberikan daya tarik kepada kita, sehingga kita bergerak untuk mencapainya. Untuk menjadi sukses, sederhana. Tahu apa yang anda lakukan dan cintai apa yang anda lakukan serta percaya apa yang anda lakukan. Selain itu, mencapai kesuksesan, kita harus fokus, kerja keras, dedikasi, komitmen dan keteguhan hati. Orang sering melihat orang sukses dari buah keberhasilannya, tapa melihat seberapa banyak dan besar pengorbanan yang mereka lakukan. Pengorbanan, kerja keras dan semangat pantang menyerah merupakan harga yang harus dibayar untuk mencapai kesuksesan. Sukses anda tidak bergantung pada orang lain.
Orang sukses dan orang gagal sama-sama seorang pemimpi. Perbedaannya, orang gagal adalah mereka yang terlelap dalam mimpi yang seakan-akan keadaan itu akan membawa impian menjadi kenyataan, sedangkan orang sukses adalah mereka yang terus bermimpi dan mewujudkan impian itu dengan tindakan. Orang-orang sukses memulai kesuksesan mereka dengan semangat dan optimisme kemudian menciptakan keajaiban-keajaiban melalui tindakan nyata dan terarah. Sedang orang gagal mengharapkan keajaiban itu datang untuk merubah kehidupannya
Pada dasarnya orang sukses di dunia adalah para pemberani, berani menghadapi risiko dan berani menerima keadaan dirinya sendiri. Keberanian untuk memberikan yang terbaik dalam hidup ini akan membawa menuju kesuksesan. Jika ingin hasil yang terbaik maka manusia harus berjuang, bekerja keras, berkorban dan mendedikasikan hidupnya untuk meraih yang dicita-citakannya. Tidak ada seorang penakut yang sukses.

Keterangan : 
Penulis : Davit Setiawan
Penerbit : Elex Media Komputindo
Terbit : Februari 2013
Kategori : Motivasi (Pengembangan Diri)