TAN MALAKA



Penulis           :HENDRI TEJA
Penerbit         :JAVANICA
Tahun terbit  :APRIL 2016

Buku ini terdiri dari 5(lima) bab, pertama “Lelaki yang Merindu Nian”, kedua “Lelaki yang Pergi dengan Riang”, ketiga “Lelaki yang Berlari cepat”, keempat “Lelaki yang mendahului”, terakhir “Lelaki yang Mengatur Perkara”.
Dia dilahirkan di tanah minang, berangkat menuju Belanda untuk mendapatkan pendidikan Eropa. Ia ingin membantu memajukan bangsanya melalui pendidikan sehingga ia bersekolah di sekolah guru. Namun, di sana ia memperoleh kesadaran baru tentang perlakuan penjajah terhadap bangsanya yang tidak adil dan bangsanya berhak untuk merdeka karena ia melihat di negeri Eropa semua orang sederajat dan berhak menentukan hidupnya sendiri tanpa ada tindakan rasis.
Di Negeri Belanda ia belajar berorganisasi, perjuangan  buruh, dan doktrin tentang sosialisme. Namun, setelah organisasinya berkembang, ia disingkirkan oleh Belanda yang merasa bahwa organisasi yang dipimpin oleh Tan Malaka akan membahayakan kedudukan Belanda di negeri jajahannya “Indonesia”.
Tan Malaka juga merasakan keindahan cinta Fenny, seorang wanita Belanda yang sangat peduli dengan dirinya. Namun, di akhir perjalanannya di negeri Belanda mereka harus berpisah karena Tan Malaka memilih jalan untuk berjuang memerdekakan bangsanya dari penjajah.
Pada akhirnya ia memang kembali ke negerinya untuk memperjuangkan kemerdekaan melalu jalan pendidikan, lalu menjadi pemimpin pergerakan/organisasi. Tan Malaka merelakan kehidupan pribadinya untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsanya walaupun ia beberapa kali harus ditangkap, kabur dari penjara, orang yang dekat dengan dirinya di bunuh, dan pada akhirnya ia pun mendapatkan malapetaka yang tak pernah ia inginkan dalam hidupnya.

0 komentar:

Posting Komentar